Home > Kisah Tauladan, Pengajian Umum > – Beberapa Keutamaan Kota Madinah –

– Beberapa Keutamaan Kota Madinah –

Kota madinah yang dulu disebut juga sebagai kota yatsrib  memiliki beberapa keutamaan berdasarkan Hadits Nabi Muhammad SAW berikut ini :

1). Madinah membersihkan iman dan mengokohkan keimanan

Dari Abu Hurairoh ra, Rosulullah SAW bersabda “Saya diperintah ke suatu negri yang mengalahkan negri-negri lain.  mereka menyebut negeri itu yatsrib, yaitu madinah yang membersihkan manusia sebagaimana tukang besi menghilangkan segala karat dan besi” (Hadits Soheh Bukhori)

Masih dari Abu Hurairoh ra, Rosulullah SAW bersabda “Sesungguhnya iman itu kokoh ke Madinah sebagaimana ular berlindung ke lubang sarangnya” (Hadits Soheh Bukhori)

2). Madinah dan penduduknya  di lindungi Allah SWT

Dari Sa’d ra. ia berkata : Saya mendengar Rosulullah saw bersabda “Tidak seorang pun yang berusaha memperdayakan penduduk madinah, melainkan ia akan hancur sebagaimana hancurnya garam dalam air” (Hadits Soheh Bukhori)

3). Dajjal Tidak Akan Bisa masuk Kota Madinah

Dari Abu Bakrah ra. Nabi SAW bersabda “Tidak akan dapat masuk ke Madinah, Al-Masih Ad-Dajjal yang ditakuti. Ketika itu madinah mempunyai 7 pintu, pada setiap pintunya dijaga oleh dua malaikat” (Hadits Soheh Bukhori)

4). Di Madinah tidak akan di jangkiti  penyakit Tha’un

Dari Abu Hurairoh RA, Rosulullah SAW bersabda “Di jalan-jalan masuk madinah ada malaikat. Karena itu tidak dapat masuk ke dalamnya penyakit tha’un (penyakit yg menular) dan tidak pula Dajjal (Hadits Soheh Bukhori)

5). Ahli madinah di doakan keberkahan oleh Rosulullah  SAW

Dari Anas ra. Bahwa Nabi SAW bersabda “Ya Allah, turunkanlah berkah berganda di Madinah, sebagaimana yang telah engkau turunkan di Mekkah” (Hadits Soheh Bukhori)

Itulah beberapa keutamaan kota Suci kedua umat islam setelah Makkah, di sana ada tanah Haram, disana ada Masjid Nabawi dan Makan Rosulullah, madinah bukan kota biasa, tidak menjadi biasa karena dijanjikan keutamaan oleh Allah bukan karena tempatnya TAPI karena Janji dan Di istemawakan oleh Allah.  Semoga kita bisa mengunjungi dan kembali mengunjungi kota Madinah al-Munawwaroh,  kota dengan keutamaan dan saksi perjuangan Rosulullah SAW.

Footnote :

Hadits-hadits soheh saya nuqil (ambil/baca) dari kitab Soheh Bukhori.

Wallahu A’lam

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: