Home > Majlis Halal Dan Haram > Hukum Memelihara Anjing

Hukum Memelihara Anjing

Rasanya perlu kita cermati fenomena akhir-akhir ini dimana kita lihat banyak teman, sahabat atau orang lain yang muslim dimana mereka menjadikan hewan anjing sebagai peliharaan, bahkan memiliki binatang peliharaan anjing menjadi trend belakangan ini. Oleh karena itu kali ini saya akan membahas tentang bagaimana hukum memelihara anjing baik yang memeliharanya dirumah sekedar binatang peliharaan tanpa ada maksud tertentu atau memeliharanya sebagai anjing penjaga binatang ternak misalnya.

A. Hukum Memelihara anjing tanpa ada keperluan

Rasulullah SAW melarang memelihara anjing didalam rumah tanpa ada suatu keperluan. Dalam sebuah hadits Rasulullah Bersabda :

“Malaikat jibril datang kepadaku, kemudian ia berkata kepadaku sebagai berikut : Tadi malam saya datang ke rumahmu, tidak ada satupun yang menghalang-halangi aku untuk masuk kecuali karena di pintu ada patungnya dan didalam ada gorden yang bergambar dan didalam rumah itu juga ada anjing. Oleh karena itu maka perintahkanlah agar supaya kepala patung itu dipotong agar menyerupai keadaan sebuah pohon, dan supaya gorden itu di potong untuk dijadikan dua bantal yang diduduki dan perintahkanlah anjing itu agar di keluarkan” (Riwayat Abu Daud, Nasai, Tirmidzi dan Ibnu Hibban)

Dari hadits diatas jelaslah bahwa memelihara anjing tanpa ada keperluan didalam rumah hukumnya terlarang. Beberapa alasan kenapa memelihara anjing dilarang adalah

a. Adanya anjing didalam rumah sangat potensial menyebabkan terdapatnya najis pada bejana maupun pakaian karena jilatan anjing itu, Rasulullah SAW bersabda

“Apabila anjing menjilat pada bejana kamu, maka cucilah ia tujuh kali salah satunya dengan menggunakan tanah (HR. Bukhori)

b. Berpotensi membuat kita berlebih-lebihan dalam memperlakukan binatang peliharaan. Kita ketahui bahwa baik dari segi harga beli (harga adopsi) anjing dan biaya pemeliharaan nya kadang terlalu berlebihan. Harga adopsi bisa mencapai jutaan bahkan puluhan juta yang tentu biaya pemeliharaannya pun bisa mahal, sementara masih banyak orang miskin yang harus dibantu, apakah tidak lebih bermanfaat jika uangnya kita sodaqohkan untuk saudara kita ketimbang untuk memberi makan anjing. Alasan ini juga berlaku untuk hewan peliharaan lainnya, agar jangan kita berlebihan dalam memeliharanya, seperti kucing, burung, ikan dan lainnya.

c. Sebagian ulama mengatakan memelihara anjing dilarang karena karena anjing itu menyalak jika melihat tamu, sehingga dapat menakuti tamu. Padahal kita diperintahkan untuk memuliakan tamu.

d. Malaikat rahmat dan jibril tidak akan memasuki rumah yang didalamnya ada anjing (lihat hadits pertama diatas)

e. Mengurangi amal pahala pemeliharanya setiap harinya (lihat hadits dibawah”

 

B. Memelihara anjing dengan ada keperluan

Adapun memelihara anjing yang dipelihara karena ada kepentingan semisal untuk menjaga tanaman, menjaga binatang ternak atau untuk kebutuhan kepolisian maka dikecualikan dari hukum ini (dibolehkan). Dasarnya Sabda Rasulullah SAW:

“Siapa saja yang memelihara anjing, selain anjing pemburu atau penjaga tanaman dan binatang, maka pahalanya akan berkurang setiap hari satu qirat” (HR-Jamaah)

C. Mengobati Anjing /Menolong Anjing

Dilarang memelihara bukan berarti kita diperintahkan membunuh atau menghabisi anjing. Rasulullah SAW pernah juga mengkisahkan tentang seorang laki-laki yang menjumpai anjing di padang pasir. Anjing itu menyalak-nyalak sambil makan debu karena kehausan. Lantas laki-laki itu menuju sebuah sumur kemudian melepas sepatunya kemudian dipenuhi air, kemudian minumlah anjing itu dengan puas. Kemudian Rasulullah SAW bersabda:

“Karena itu, Kemudian Allah berterimakasih kepada org yang memberi pertolongan dan mengampuni dosanya” (HR. Bukhori)

Demikianlah hukum tentang pemeliharaan anjing, Semoga Bermanfaat

 

Wallahu A’lam

Majlis BlackBerry – Indahnya Islam

 

 

 

 

 

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: