Home > Pengajian Umum > Muliakan Hidup Dengan Shalat Subuh

Muliakan Hidup Dengan Shalat Subuh

Rasulullah  صَلّى اللّه عَلَيْهِ وَسَلّم  pernah bersabda, andai kita tahu keutamaan shalat subuh berjama’ah, maka pasti kita akan melakukan nya meskipun sambil merangkak. Adalah Abdullah Bin Ummi Maktum yang mestinya menjadi cermin bagi kita semua, betapapun Abdullah buta penglihatan tetapi tidak pernah luput sholat subuh berjama’ah, beliau adalah pahlawan syahid yang juga Muadzin bergantian dengan Bilal Bin Rabbah. Membelah malam gulita mendatangi masjid nabawi untuk mengumandangkan adzan subuh adalah kesehariannya.

Shalat subuh memiliki kekhususan sendiri dalam pandangan Allah SWT, yang dengan kesulitan itu kiranya Allah akan meberikan tingkatan kekhususan seorang hamba. Hanya hamba-hambaNya yang memiliki kesungguhan iman yang rela meninggalkan kelembutan selimutan dan pelukan hangat orang yg dicintai untuk beranjak bangun menghadap sang Pemilik Seruan Agung yang maha Kasih.

Oleh karena beratnya gangguan pelaksanaan sholat subuh lah, wajar jika Allah SWT memberikan derajat kemuliaan tersendiri bagi pelaksananya. Melaksanakan Sholat subuh secara berjama’ah memiliki kelebihan seperti sholat fardhu berjamaah lainnya, ditambahkan lagi dengan kekhususan utamanya waktu subuh. Keutamaan-keutamaan itu adalah ;
1. Sholat yang paling utama disisi Allah adalah shalat subuh pada hari jum’at secara berjama’ah (HR. Thabrani)

2. Allah سُبْحا نَهُ وَتَعَالَى membanggakan orang yang shalat subuh, dan berkata pada Malaikatnya “Wahai para malaikat, lihatlah hambaku ini. Ia bangun dari tempat tidurnya dan alas tidurnya dgn meninggalkan anak dan istri serta org2x yg dicintai nya untuk shalat karena menginginkan apa yg ada padaKu dan takut dgn apa yg ada padaKu (HR. Ahmad)

Semakna Allah berkata kepada kita “Aku akan berikan kepada apa yg engkau harapkan kepadaKu, dan aku amankan engkau dari apa yg engkau takutkan”

3. Sesungguhnya Allah pasti menerangi orang-org yang menembus kegelapan malam menuju masjid dgn cahaya yg bersinar terang pada hari kiamat (At-Thabrani)

4. Dua roka’at sebelum subuh (sholat sunnah fajar) itu lebih baik dari dunia dan seisinya” (HR Muslim)

5. Barang siapa mengerjakan sholat subuh secara berjama’ah, maka ia seperti mengerjakan sholat semalam suntuk (HR Muslim)

6. Shalat subuh itu disaksikan oleh para malaikat (QS-Al Isro 78) .. Dan menurut riwayat Ibnu Huzaimah..sesungguhnya para malaikat itu berdo’a ‘Ya Allah ampuni dia (org yg shalat subuh) pada hari kiamat.

7. Barang siapa berwudhu dirumahnya lalu pergi ke mesjid dan mengerjakan dua roka’at sblm subuh dan kmdn duduk hingga mengerjakan shalat subuh, lalu keluar dari mesjid, maka shalatnya ditulis sbg shalat org yang berbakti dan dicatat sbg Tamu Allah (HR. At-Thabrani)

8. Barang siapa mengerjakan sholat subuh, maka ia berada dalam jaminan (perlindungan) Allah hingga sore harinya (HR-Muslim)

9. Barang siapa sholat subuh dan ashar, maka ia masuk surga (HR. Bukhori Muslim)

Maka tidak ada lagi yg bisa kita katakan kepada org yang meninggalkan semua kebaikan yang ada pada sholat subuh ini kecuali “Semoga Allah Memperbaiki kondisi anda”.

Sahabatku tercinta, begitu Allah menjanjikan banyak kebaikan didalam Sholat subuh. Apakah kita akan mengabaikannya ??. Semoga Allah membimbing hati dan jasad kita pada ridhonya bersama org2x terkasih yang kita cintai.

Disampaikan pada;

Group Blackberry ‘Indahnya Islam’

Categories: Pengajian Umum
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: